Thursday, September 20, 2012

Kembaran Bumi

Bumi, merupakan planet tempat kita tinggal, satu-satunya planet yang memiliki kehidupan di dalamnya. Namun belakangan ini telah ditemukan sebuah planet yang mirip dengan Bumi.
Namanya adalah Gliese 581c, berasal dari nama astronom Jerman, Wihelm Gliese, yang pertama kali mengkatalogkan bintang ini pada tahun 1957. Planet ini berjarak 20,4 tahun cahaya (193 triliun km) dari Bumi dan terletak di rasi bintang Libra. Planet baru ini kira-kira 50% lebih besar dan 5 kali lebih padat dari bumi kita ini. Salah satu patokan untuk membuktikan adanya kehidupan di planet lain adalah dengan menemukan terlebih dahulu unsur-unsur pendukung kehidupan. Unsur yang paling utama adalah air. Dan suhu permukaannya mengizinkan adanya air.

           

Temperatur normal planet ini berkisar dari 0–40 °C (32–104 °F). Diperkirakan planet ini berusia 4.3 milyar tahun. Jika dibandingkan, tata surya diperkirakan berusia 4.57 miliar tahun.

Steven Vogt, astronom dari University of California yang menemukannya, berkata:

"Menurut perasaan saya, kemungkinan adanya kehidupan di planet ini adalah 100 persen. Saya tidak meragukannya."
Pada prinsipnya, posisi bumi terhadap matahari ini disebut Habitable Zone atau Goldilocks Zone. Pada posisi ini, air tidak menguap atau membeku, dengan demikian kehidupan dapat berkembang. Dan planet ini berada pada posisi Habitable Zone. Inilah yang membuat penemuan ini cukup menghebohkan.

             

Nah, kalau sudah begini mungkin saja kelak manusia akan berfikir bagaimana cara agar dapat bermingrasi dari Bumi ke Gliese 581c. Berhubung bumi kita ini sudah sangat tercemar. Coba Anda bayangkan betapa menakjubkannya hal tersebut.

No comments:

Post a Comment