Wednesday, September 19, 2012

Naluri Titi Nada Mutlak

Naluri titi nada mutlak adalah bakat atau kemampuan dalam mengingat dan mengetahui segala bentuk nada. Orang yang memiliki naluri titi nada mutlak dapat mengenal nada hanya dengan mendengarnya saja, tanpa bantuan alat musik apapun.
Kemampuan yang sangat spesial ini hanya dimiliki oleh beberapa orang saja, diantaranya :

1.Wolfgang Amadeus Mozart

 

Wolfgang Amadeus Mozart (lahir di Salzburg, 27 Januari 1756 – meninggal di Wina, 5 Desember 1791 pada umur 35 tahun) adalah seorang komponis yang memiliki naluri titi nada mutlak. Ia dianggap sebagai salah satu dari komponis musik klasik Eropa yang terpenting dan paling terkenal dalam sejarah. Karya-karyanya (sekitar 700 lagu) termasuk gubahan-gubahan yang secara luas diakui sebagai puncak karya musik simfoni, musik kamar, musik piano, musik opera, dan musik paduan suara.

2. Ludwig van Beethoven
   
    

Ludwig van Beethoven (1770 - 1827), seorang komponis asal Jerman. Semasa kanak-kanak sudah tampak jelas bakat musiknya yang luar biasa dan buku musik ciptaannya muncul pertama kali tahun 1783. Di usia remaja dia berkunjung ke Wina dan diperkenalkan kepada Mozart tetapi perjumpaan keduanya berlangsung singkat.
Karya-karya Beethoven diantaranya 9 simfoni, 32 sonata piano, 5 piano concerto, 10 sonata untuk piano dan biola, serangkaian kuartet gesek yang menakjubkan, musik vokal, musik teater, dan masih banyak lagi.Namun penyakit tuli yang dideritanya menjadi semacam ironi bagi komponis berbakat ini.

3. Johann Sebastian Bach
 
      

Johann Sebastian Bach (21 Maret 1685 - 28 Juli 1750) adalah seorang komponis Jerman. Ia menggubah musik untuk alat musik organ, harpsichord dan clavichord, dan juga untuk orkestra. Karyanya yang paling terkenal adalah Brandenburg Concerto.
Johann Sebastian Bach berasal dari sebuah keluarga musik yang sangat terkenal. Di umur 14 tahun, Sebastian dan seorang teman, Georg Erdmann, mendapatkan beasiswa koor untuk belajar di sekolah terkenal di Luneberg (tak jauh dari Hamburg), Sekolah Santo Michael.

No comments:

Post a Comment